Apa yang dimaksud dengan Ketua Dewan?

Sebuah ketua dewan hanyalah seseorang yang memimpin sekelompok pengambil keputusan. Sebagian besar waktu, kelompok ini dikenal sebagai dewan direksi, terutama di dunia usaha. Namun, kelompok-kelompok ini juga dapat dikenal sebagai dewan, komisi, komite atau mungkin beberapa sebutan lainnya. Mereka dapat ditemukan di perusahaan, tidak-untuk-keuntungan lembaga dan badan-badan pemerintah.

Ketua dipandang sebagai tokoh kunci dalam perusahaan, sering bertanggung jawab untuk mengemudi visi jangka panjang perusahaan. Banyak kali, ketua dewan juga salah satu juru bicara paling terlihat bagi perusahaan, melakukan wawancara dan menyediakan analisis pakar tidak hanya berhubungan dengan perusahaannya, tetapi juga industri umum perusahaannya beroperasi dalam. Banyak kali, ketua dewan disebut sebagai ketua, istilah yang lebih politically correct, karena mencakup baik pria maupun wanita.

Tugas dan tanggung jawab seorang ketua dewan bervariasi dari situasi ke situasi dan dari perusahaan ke perusahaan. Sebuah ketua sebuah yayasan non-profit mungkin memiliki tugas yang berbeda dari ketua sebuah perusahaan Fortune 500. Orang ini mungkin tidak menjadi karyawan full-time dari perusahaan atau badan, tapi sering, terutama jika itu adalah sebuah organisasi besar.

Selain tugas-tugas sebelumnya disebutkan, ketua dewan juga menyediakan sejumlah fungsi penting lainnya. Mereka termasuk menjalankan rapat, koordinasi komite, membantu pengembangan papan, memberikan pengawasan keuangan dan hukum, menilai kinerja dan mungkin juga memegang tingkat tertentu tugas-tugas administratif.

Dalam kebanyakan kasus, ini tugas yang ditunjuk untuk bawahan lain yang, pada gilirannya, melaporkan kembali ke ketua dewan atau dewan direksi secara keseluruhan. Seringkali, ketua bekerja dengan apa yang dikenal sebagai dewan eksekutif, terdiri dari kepala departemen dalam perusahaan atau organisasi yang memberikan laporan yang komprehensif secara rutin.

Ketua kemudian mengambil laporan departemen dan telah mereka dikoordinasikan ke dalam dokumen yang komprehensif menilai kondisi perusahaan pada saat itu dalam waktu. Setelah ini dilakukan, produk akhir ini kemudian dipresentasikan kepada dewan. Ketua kemudian dapat menawarkan daftar rekomendasi agar tujuan masa depan dapat dipenuhi. Dia mungkin juga meminta anggota dewan untuk rekomendasi mereka sendiri.