Apa Itu Free Trade Area?

Perdagangan bebas adalah perdagangan antar negara yang dilakukan tanpa tarif protektif, kuota impor atau ekspor, atau jenis lain dari keterbatasan. Sebuah perjanjian perdagangan bebas adalah pengaturan antara negara-negara dimana perdagangan produk dan jasa yang setuju untuk lulus tanpa pembatasan antara mereka. Sebuah kawasan perdagangan bebas adalah wilayah di mana negara telah membuat kesepakatan untuk tidak membatasi perdagangan dan / atau untuk membatasi pengenaan tarif dan kuota.

Amerika Utara merupakan salah satu daerah terbesar di dunia perdagangan bebas. Hal ini dibentuk oleh perjanjian NAFTA (North American Free Trade Agreement) yang dibuat oleh Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko pada tanggal 1 Januari 1994. Melalui NAFTA, negara-negara Amerika Utara setuju untuk mendorong perdagangan lintas batas mereka. Amerika Serikat juga merupakan anggota dari daerah CAFTA-DR perdagangan bebas, yang mencakup negara-negara Amerika Tengah Kosta Rika, El Salvador, Guatemala, Honduras, Nikaragua, dan Republik Dominika. Selain itu, AS memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan Australia, Bahrain, Chili, Israel, Yordania, Maroko, Oman, Peru, dan Singapura, dan perjanjian juga telah ditandatangani, tetapi tidak dilaksanakan oleh Kongres, dengan negara- negara Kolombia, Korea Selatan , dan Panama.

Daerah lain perdagangan bebas adalah ASEAN-China (Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara). Anggota meliputi Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Republik Rakyat Cina. ASEAN menjadi kawasan perdagangan bebas pada tahun 1992. Wilayah ASEAN- China perdagangan bebas muncul pada tanggal 1 Januari 2010. ASEAN-India mulai berlaku pada hari yang sama.

The CEFTA (Central European Free Trade Agreement) kawasan perdagangan bebas dimulai dengan Bulgaria, Republik Ceko, Hungaria, Polandia, Romania, Slovakia, dan Slovenia sebagai anggota. CEFTA diperluas pada tahun 2006 untuk memasukkan Albania, Bosnia dan Herzegovina, Kroasia, Moldova, Montenegro, Serbia, misi administrasi interim PBB di Kosovo (UNMIK), dan Bekas Republik Yugoslavia Makedonia. Ratifikasi oleh negara-negara lain terjadi pada tahun 2007.

Sebuah kawasan perdagangan bebas Afrika, AFTZ (African Free Trade Zone), juga disebut dengan area nama Trade Afrika Gratis , adalah dalam karya untuk Timur dan negara-negara selatan Afrika. Lain trade area bebas di Afrika termasuk SADC (Afrika Selatan Pengembangan Masyarakat), COMESA (Pasar umum untuk Afrika Timur dan Selatan), EAC (Masyarakat Afrika Timur), dan ECOWAS (Masyarakat Ekonomi Negara Afrika Barat). Ada tumpang tindih antara zona.